Ular merupakan dalah satu model reptil yang populer dipelihara. Sebab, tak seluruh ular mengancam dan dapat jadi hewan pelihaaraan yang ramah. Kendati demikian, ular senantiasa bukan hewan peliharaan yang umum dimiliki oleh seluruh orang. Jika Anda ingin memilikinya, Anda wajib memenuhi syarat, memiliki komitmen, dan pemahaman dalam merawatnya.

Bagi pemula, kepemilikan ular dapat ditunaikan bersama ringan karena ada banyak spesies yang lebih jinak dan aman. Tentu saja ular untuk pemula yang safe adalah yang tidak beracun (berbisa). Mereka juga cuma membutuhkan sedikit makan setiap sebagian hari sekali dan ringan merawatnya.

1. Ular Jagung

Ular jagung memiliki keindahan yang nampak terhadap warna kulitnya dan dapat datang dalam bermacam warna. Tubuhnya juga memiliki keseimbangan besar dan kecil yang sehat dalam hal ukuran. Panjangnya capai sekitar 122 cm. Mereka ular yang sangat jinak, nampak muda, dan sangat lincah. Perawatannya juga sederhana.

2. Ball Python

Ular piton bola adalah pilihan ular peliharaan yang populer untuk pemula. Panjang ular ini umumnya sekitar 1,2 meter. Temperamen mereka cukup tenang cenderung pemalu, jarang menggigit, dan lebih banyak bersembunyi. Saat merasa terusik, mereka dapat menggulung badannya layaknya bola. Itulah sebabnya mereka disebut bola piton. Bola piton juga memiliki sebagian persyaratan perawatan khusus, keliru satunya kelembapan yang jauh lebih tinggi.

3. Ular Hognose

Ular hognose mengacu terhadap sebagian spesies ular bersama moncong terbalik. Mereka ditemukan di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Madagaskar. Hewan ini berukuran cukup kecil dan umumnya memiliki tubuh tebal, serta bermata bulat. Ukuran panjangnya dapat capai 14 inci sampai 3 kaki (35,56-91,44 cm).

Ular ini cukup jinak dan tidak berbahaya, tetapi dapat menggertak kala merasa terancam. Mereka dapat mendesis, meratakan tubuh mereka, dan lebih-lebih kemungkinan dapat berpura-pura mati sebagai usaha terakhir merawat diri. Ular ini dapat dipelihara di dalam kandang kecil, tetapi membutuhkan pencahayaan tambahan sehingga senantiasa hangat.

4. California Kingsnake

California kingsnake atau ular raja california memiliki banyak model bersama ukuran yang bervariasi. Tubuhnya kurus, tetapi panjangnya capai 122 cm. Mereka juga ada dalam bermacam warna menurut spesiesnya. Misalnya ada ular raja hitam Meksiko yang berwarna hitam legam, ular raja pita abu-abu, dan sebagainya. Mereka disebut ular raja karena mereka memakan ular lain di alam liar. Ular ini dapat dirawat bersama langkah umum layaknya ular pemula lainnya.

5. Ular Susu Meksiko

Ular susu meksiko memiliki warna kulit yang unik dan nampak berbahaya, tetapi sebenarnya mereka adalah ular yang tenang. Kendati demikian, tabiat menyerang layaknya menggigit dapat ditunaikan kala merasa terancam, tetapi tidak beracun. Tubuh mereka relatif kecil bersama panjang sekitar 90-122 cm.